Berita

Samarinda, 3-4 Juli 2020 pukul 08.30 wita hingga sore hari telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Daerah ke-I Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2020 selama 2 hari secara daring via aplikasi zoom meeting yang dihadiri oleh berbagai unsur seperti BAN-S/M Prov. Kaltim, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kaltim, Kementrian Agama Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kaltim, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Prov. Kaltim.

Selama 2 (dua) hari tersebut pula ada 8(delapan) bahan materi yang disampaikan oleh Narasumber yakni 
1. Dr. Maskuri, M.Ed selaku Sekretaris BAN-S/M Pusat
2. Anwar Sanusi, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, 
3. Mohamad Hartono, S.H., M.Ed selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Timur,
4. Drs. H. Hasmidi J, M.Pd selaku perwakilan dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur,
5. Drs. H. Abdul Hadi selaku Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Kaltim,
6. Ahmad Rofiq Hakim, S.Pd, M.Kom selaku Sekretaris BAN-S/M Prov. Kaltim dan 
7. Tri Wiyatmo Sumaryawan selaku Staff IT BAN-S/M Prov. Kaltim.
8. Muhammad Rinaldi, S. E., M. Ak selaku Staff Keuangan BAN-S/M Prov. Kaltim

Kegiatan Rakorda BAN–S/M Provinsi Kalimantan Timur dilaksanakan dalam bentuk pleno dan terdiri dari satu kelas kegiatan dalam bentuk paparan, curah pendapat, dan diskusi.

Pada hari pertama pelaksanaan Rakorda ke-I ini diawali sambutan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua BAN-S/M Prov. Kaltim Bapak Drs. H. Abdul Hadi, M.M lalu dilanjutkan oleh Dr. Maskuri, M.Ed selaku Sekretaris BAN-S/M Pusat sekaligus selaku Pembina BAN-S/M wilayah Kaltim menyampaikan materi tentang Sistem Akreditas Baru, kemudian dilajutkan oleh Ketua LPMP Prov. Kaltim Bapak Mohamad Hartono, S.H., M.Ed menyampaikan paparan materi mengenai Kebijakan LPMP Prov. Kaltim tahun 2020 terkait Peningkatan Mutu S/M di Kaltim hingga pukul 12.00 wita, kemudian pada pukul 13.30 wita dilanjutkan pemaparan materi Kebijakan Disdikbud Prov. Kaltim terkait Akreditasi tahun 2020 yang disampaikan langsung oleh Kadis Disdik Prov. Kaltim Bapak Anwar Sanusi, M.Pd hingga pukul 15.30 wita, setelah itu pada pukul 15.30 -17.30 wita dilanjutkan oleh Bapak Drs. H. Hasmidi J, M.Pd selaku perwakilan dari Kanwil Kemenag Prov. Kaltim.

Pada hari ke 2 (dua), pada pukul 08.00 wita, Bapak Drs. H. Abdul Hadi, M.M mengawali penyampaian materi tentang Kebijakan BAN-S/M hingga pukul 10.00 wita, kemudian pukul 10.05 wita hingga 12.05 wita materi tentang Rencana Kegiatan Akreditasi tahun 2020 disampaikan oleh Sekretaris BAN-S/M Prov. Kaltim Bapak Ahmad Rofiq Hakim, S.Pd, M.Kom, lalu setelah istirahat dilanjutkan kembali pemaparan tentang Gambaran Penggunaan IT untuk Kegiatan Akreditasi 2020 oleh Sdr. Tri Wiyatmo Sumaryawan selaku Staff IT BAN-S/M Prov. Kaltim dan Sdr. Muhammad Rinaldi, S. E., M. Ak selaku Staff Keuangan yang menyampaikan materi Pengelolaan Keuangan di masa Covid-19 hingga sore hari, dan pada pukul 17.15 wita acara ditutup oleh Ketua BAN-S/M Prov. Kaltim.

Hasil yang diharapkan untuk Rakorda ke-I kali ini adalah:
1. Memahami Kebijakan LPMP Prov. Kaltim tahun 2020 terkait Peningkatan Mutu
S/M di Kaltim
2. Memahami Kebijakan Disdikbud Prov. Kaltim terkait Akreditasi tahun 2020
3. Memahami Kebijakan Kanwil Kemenag Prov Kaltim 2020 terkait Akreditasi
tahun 2020
4. Memahami Kebijakan BAN-S/M Tahun2020
5. Memahami Rencana Kegiatan Akreditasi Tahun 2020
6. Memahami Gambaran penggunaan IT untuk kegiatan Akreditasi tahun 2020
7. Memahami Pengelola keuangan di masa Covid-19


Informasi Utama


Video

Tutorial Pengisian SISPENA 2019

CARA SIMPEL LOGIN SISPENA (Sistem Penilaian Akreditasi)

8 Standar Nasional Pendidikan Menurut BSNP

Cara Download Sertifikat Akreditasi

Hal hal yang perlu dipersiapkan dalam Akreditasi

Akreditasi Tutorial Pengisian SISPENA-BANSM 2018


Galery Foto